Kejati Banten Lakukan Rotasi Kejari Lebak dan Pandeglang

0
658

Tintamerdeka.co.id, Serang – Kejaksaan tinggi (Kejati) Banten melakukan rotasi pada posisi kepala Kejaksaan negri (Kajari) Lebak dan Pandeglang di Pendopo Kejati Banten, Kota Serang, Selasa (17/10/2017).

Rotasi pada Kajari Lebak dan Pandeglang kali ini merupakan program pusat (Kejagung) dalam hal stabilitas wilayah hukum di Indonesia.

Kajati Banten Agoes Djaya menjelaskan dengan adanya rotasi pada posisi Kajari Lebak dan Pandeglang.

“Ini hal yang biasa dilakukan, juga merupakan program pusat untuk adanya mutasi atau rotasi Kajari Lebak dan Pandeglang, karena sebelumnya tertanggal 27 Juli 2017 Kajari Pandeglang sudah memasuki usia habis masa jabatan, namun bukan berarti pensiun. Tetap ia akan menjadi jaksa fungsional sebelum memasuki usia pensiun 62 tahun,” jelasnya.

Namun untuk mutasi posisi Kajari Lebak, masih kata Agoes Djaya¬†Kajati Banten. “Ia mendapatkan promosi rotasi yang kebetulan ia mutasi ke Kejaksaan agung (Kejagung), maka dengan adanya rotasi pada Kajari Lebak perlu ada gantinya.” Katanya.

Sementara harapan Kajati Banten saat ditanya oleh awak media dengan adanya rotasi posisi Kajari Lebak dan Pandeglang ia menyampaikan harapannya.

“Harapan saya sesuai dengan pimpinan saya, bahwa Kejaksaan adalah satu, tidak bisa dipisahkan. Jadi kebijakan yang disana (Kejari) tidak boleh bertentangan dengan kebijakan yang diatasnya, misalnya ada beberapa perkara yang disana yang menjadi sorotan masyarakat ia harus diselesaikan, yang intinya harapan saya untuk posisi Kajari yang baru, bisa meningkatkan sesuai dengan Tupoksi Kejaksaan,” paparnya.

Lalu Kajati Banten-pun sempat membeberkan tentang apa yang harus dikerjakan oleh Kejaksaan tinggi (Kejati) Banten.

“Kejati itu tidak bisa menyidangkan perkara, artinya Kejatikan ruang lingkupnya provinsi, artian menyidangkan perkara ia hanya dilakukan oleh Kejaksaan Negri (Kejari) di wilayah masing-masing di Banten. Jadi nanti hanya melaporkan saja ke Kaejari apa yang sedang disidangkan di Kejari wilayah masing-masing,” tuturnya.

“Sekrang saja ada beberapa perkara yang harus di sidangkan di masing-masing Kejari di Banten, namun perkaranya ada beberapa yang tidak bisa saya jelaskan disini,” tambahnya.

Dari pantauanTintamerdeka.co.id hasil dari pelantikan Kajari Lebak dan Pandeglang. Posisi Kajari Lebak di Rangkasbitung diganti oleh Lanna Hany Wanike Pasaribu yang awalnya mengisi jabatan Kajari Bangka Barat di Muntok, lalu untuk Kajari Pandeglang diganti oleh Nina Kartina yang awalnya mengisi jabatan Kajari Lampung Tengah di Gunung Sugih. (AG/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here