Bupati Serang Rencanakan Kerjasama Pengembangan SPAM

0
317
Foto: Bupati Serang, perwakilan Kementrian PUPR, Sekda Serang dan Direktur PDAM beserta jajarannya.

Tintamerdeka.co.id, Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Cahsanah mengatakan adanya rencana kerjasama antara PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang, dengan Badan Usaha, diharapkan dalam lima tahun kedepan PDAM Tirta Albantani mengalami perubahan yang pesat dan signifikan.

“Dengan cakupan pelayanan dan menambah jumlah pelanggan sebanyak 62.500 unit, sehingga bisa menyediakan kebutuhan air baku sebesar 1.257 liter/detik pada akhir tahun 2022, serta tidak lagi ketergantungan dengan saluran irigasi pamarayan barat dan timur” dikatakan Tatu, saat memberikan sambutan rencana pengembangan sistem pengembangan air minum (SPAM) di Hotel Ratu, Senin 13 November 2017.

Ia menjelaskan, setelah diterbitkannya peraturan Presiden RI nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur, maka perusahaan daerah air minum (PDAM) selaku badan usaha milik daerah (BUMD) penyelenggara dapat menjadi penanggungjawab proyek kerjasama (PJPK) dalam kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

“Sedangkan dalam sektor air minum, telah terbit peraturan pemerintah nomor 122 tahun 2015 tentang SPAM yang memperbolehkan adanya kerjasama penyelenggaraan spam antara BUMN/BUMD dengan badan usaha swasta dengan prinsip tertentu,” tuturnya.

Sementara, Direktur Utama PDAM Kabupaten Serang Wahyu Prihantono menjelaskan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Albantani sebanyak 30.979 unit, tersebar di 25 Kecamatan, Kabupaten Serang, dan 2 Kecamatan, Kota Serang.

“Untuk cakupan pelayanan air melalui perpipaan, PDAM Tirta Albantani baru mencapai 12.4 %, sehingga ketinggalan dari target yang dicanangkan pemerintah pusat, yaitu sebesar 80 % per-kota,” katanya.

Selain itu, Wahyu juga mengaku, pelayanan PDAM Tirta Albantani mempunyai kapasitas desain 888 liter/detik, dan baru digunakan 492 liter/detik. Sehingga kapasitas yang tidak dimanfaatkan untuk produksi sebesar 447 liter/detik.

“Oleh karena itu, diperlukan penyusunan program sebagai arah dalam perkembangan dan perbaikan perusahaan dengan mengajak badan usaha untuk melakukan kerjasama dalam pembangunan infrastruktur air minum di Kabupaten Serang,” katanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here