Acara milad ke-66 Kejati TTKKDH Serang /Foto: Tintamerdeka

Tintamerdeka.co.id, Serang – Kesti TTKKDH (Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir) gelar Milad ke 66 dan ritual keceran di Serang, Sabtu, 16 Desember 2017.

Acara ini bertemakan “Aktualisasi Seni Budaya Tradisional Dalam Pembangunan Kabupaten dan Kota Serang”. Selain itu dalam kegiatan inipun dilakukan pula santunan anak yatim dan jompo.

Informasi yang dihimpun awak media, turut hadir dalam acara ini Walikota Serang Tubagus Haerul Jaman, Wakapolda Banten, Kapolres Serang Kota Komarudin, Kapolres Serang Wibowo, Danrem dan Dandim.

Dalam pembukaan acara milad ke 66 ini dimerihkan pula dengan pertunjukan seni tari pencak silat mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan dewasa dari tiap daerah serta santunan 300 lebih anak yatim dan jompo di Serang Kota.

Ketua DPW Kesti TTKKDH Serang Kota Tubagus Mulyana memaparkan, TTKKDH sendiri sudah mempunyai AD/ART semenjak 1951. Pihaknya juga berharap kedepannya pembinaan sinegisitas dengan berbagai pihak lebih terbangun, Karena sebagai orang perguron harus tetap melestarikan budaya ditengah kondisi perubahan zaman.

“Kalau seni ini punah, siapa yang akan melanjutkan, dan saya berharap dalam melestarikan budaya ini tidak hanya TTKKDH saja, tapi perguruan yang lain pun ikut melestarikan,” imbuhnya.

Masih kata Tubagus Mulyana, perihal Ritual Keceran ini ia mengatakan bahwa selalu diadakan setiap tahunnya pada bulan mulud, dan untuk jumlah perguruan di Serang Kota, terdapat 100 lebih perguruan dan juga ada di beberapa Negara.

Sementara, Walikota Serang Kota Tubagus Chairul Jaman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, ia mengatakan bahwa kebudayaan warisan leluhur ini harus selalu dilestarikan.

“Kita harus tetap berkomitmen, harus tetap bersinergi, untuk membawa nama besar TTKKDH ini. Dan juga harus tetap menjaga, merawat, melanjutkan warisan para pendahulu kita,” katanya.

Lanjut kata Jaman, kami melihat kelurga TTKKDH ini di milad yang ke 66 dibanten lebih maju, apalagi disetiap daerah provinsi juga ada.

“Para pendekar di Banten ini sangat luar biasa sekali dan inilah kekuatan kebersamaan yang tentuknya menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI dan Pancasila,” Pungkasnya. (SM/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here