Masyarakat Adat Baduy Datangi Pendopo Lebak, Ketemu Ibu Gede

0
249
Foto : Masyarakat adat Baduy saat tiba di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung.

Tintamerdeka.co.id Lebak – Sekitar seribu lebih masyarakat baduy baik baduy luar dan baduy dalam berduyun-duyun mendatangi pendopo Kabupaten Lebak untuk menemui Ibu Gede atau Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Sabtu, (4/5/2019).

Meski berjumlah seribu orang lebih, rombongan terlihat berjalan secara tertib dan lancar dan dipimpin oleh kasepuhan dan jaro baduy.

Dengan kawalan Patwal dan penunggang kuda serta diiringi musik tradisional, setiba di depan pendopo lebak, terlebih dahulu dilaksanakan prosesi penyerahan (Buka Pintu) Oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wawan Ruswandi kepada Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi agar rombongan masyarakat dapat diterima dan diperbolehkan masuk ke pendopo lebak.

Usai diterima oleh Wakil Bupati Lebak dan dipersilahkan masuk, rombongan seba baduy serentak memasuki pendopo lebak guna menemui Bupati Lebak sekaligus menyerahkan hasil tani atau hasil bumi pada pemerintah daerah sebagai rasa syukur masyarakat baduy luar dan baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Setiba di pendopo lebak, masyarakat baduy dipersilahkan terlebih dahulu untuk beistirahat yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama Bupati Lebak dan Wakil Bupati Lebak sebelum melaksanakan prosesi utama yakni upacara seba baduy.

Rentetan kegiatan seni dan budaya serta pameran yang menampilkan produk kreatif asli Lebak dalam menyambut acara Seba Baduy 2019. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here