Fakrab : DPRD Lebak Harus Berpihak Pada Rakyat, Tak Sebatas Retorika

0
277

Foto : Pelantikan anggota DPRD Lebak periode 2019-2024

Tintamerdeka.co.id Lebak – 50 Anggota DPRD Kabupaten Lebak masa jabatan 2019-2024 hari ini resmi dilantik, meski sempat ada drama yang coba menggembosi pihak terkait yang di frame merugikan keterlambatan pelantikan, namun pasca klarifikasi ternyata karena ulah permainan mereka sendiri, momentum pelantikan ini sangat baik untuk menyampaikan aspirasi.

Dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, para wakil rakyat akan memerankan tiga fungsi. Legislasi, Budgeting, dan Controling. Agar keberadaannya semakin dirasakan dan kian bermakna, anggota parlemen kedepan perlu kiranya untuk meningkatkan berbagai perannya salah satunya peningkatan controling (pengawasan), yang merupakan satu hal urgen dan prioritas disamping hal hal lain.

Selanjutnya terkait Perda, anggota dewan harus lebih produktif, jangan sampai memble, seabreg pelanggaran juga wajib menjadi perhatian serius dewan terpilih kedepan. Persoalan realisasi Perda juga harus menjadi atensi, ada banyak pelanggaran yang wajib menjadi perhatian serius kedepannya.

Preseden buruk, “mangkir” dari rapat paripurna mesti disudahi, mungkin saja ada banyak rayuan dan ajakan soal “pekerjaan buruk”. Beranilah beda. Perjuangan kata-kata demi kesejahteraan warga harus benar-benar diejawantahkan dalam kenyataan, tidak hanya sibuk ketika study banding atau kunjungan luar daerah dan bermain-main dengan SPJ.

Beberapa persoalan kemudian menjadi pekerjaan rumah bagi pemenang Pileg 2019, seperti penataan pasar, soal waralaba, perijinan, ketenagakerjaan, infrastruktur, lingkungan, maupun ketimpangan sosial tentang pengangguran serta soal substansi lainnya. Keberpihakan pada rakyat harus betul-betul diperjuangkan. Agar tidak sebatas retorika.

Penulis : Dede Yusuf Sekjend
Front Aksi Rakyat Banten (Fakrab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here