Sempat Ditunda, Akhirnya 50 Anggota DPRD Lebak Resmi Dilantik

0
426

Foto : Pengambilan sumpah janji 50 Anggota DPRD Lebak masa jabatan 2019-2024

Tintamerdeka.co.id Lebak – 50 Anggota DPRD Kabupaten Lebak masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik pada Senin, (26/8/2019). Pelantikan tersebut diambil dalam Rapat Paripurna tentang Pengambilan sumpah janji ini berdasarkan Surat keputusan Gubernur Banten Nomor 171.3/Kep.247-Huk/2019 di Gedung DPRD Kabupaten Lebak.

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Lebak, Anggota KPU Kabupaten Lebak, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lebak, Camat, partai politik, Ormas OKP.

Padahal sebelumnya, Pelantikan 50 anggota DPRD Lebak sempat ditunda dikarena belum lengkapnya berkas anggota legislatif terpilih, terutama dalam berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Banten, Gunawan Rusminto sebelumnya juga mengatakan, berkas anggota DPRD Lebak diterima berkasnya di Biro Pemerintahan Provinsi Banten pada tanggal 9 Agustus 2019. Kemudian setelah dilakukan pengecekan, ternyata berkas LHKPN masing-masing anggota legislatif tersebut belum lengkap. Sehingga berkasnya diminta dilengkapi.

“Kami minta pihak terkait melengkapinya,” ujar Gunawan kepada awak media, Selasa (20/8/2019) pekan lalu.

Baca Juga: Laporan Harta Kekayaan Dewan Terpilih Belum Lengkap, DPRD Lebak Tunda Pelantikan

Padahal menurut Gunawan, Gubernur Banten Wahidin Halim malahan mendesak agar segera dipercepat berkasnya dalam koordinasi kepihak terkait dan terjun langsung. Sehingga, tanggal 14 Agustus 2019 pihaknya sudah menerima kekurangan berkas LHKPN tersebut, dan langsung diproses paraf pejabat terkait dan tanggal 18 Agustus 2019 SK sudah di tanda tangan Gubernur kemudian dikirim ke DPRD dan Bupati Lebak.

Selain itu dalam acara pelantikan tersebut, Ketua DPRD Lebak periode 2014-2019 Junaedi Ibnu Jarta mengatakan pada hari ini keanggotan DPRD Kabupaten Lebak masa jabatan 2014-2019 akan berakhir dan akan digantikan yang baru masa jabatan 2019-2024.

“Kita bersyukur DPRD terpilih tahun 2019-2024 sudah dilantik, mudah-mudahan kedepan kita bisa membangun pola sinergi dengan eksekutif lebih baik lagi untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Lebak,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Pengambilan Sumpah Janji 50 Anggota DPRD Kabupaten Lebak masa jabatan 2019-2024 dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Lebak. Untuk DPRD periode lama yang kembali terpilih menjadi Dewan sebanyak 21 orang dan sisanya adalah wajah baru sebanyak 29 orang. Dalam Paripurna tersebut ditentukan Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Lebak. Ketua dan Wakil Ketua Sementara yakni Bambang dari Partai Gerindra dan Wakil Ketua, Ucuy Mashuri dari Partai Demokrat. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here