Aksi Peduli Polisi Antar Pasien Ke RSUD Malingping

0
917

Foto : Brigpol Andriami Anggota Polsek Malingping tengah membawa pasien

Tintamerdeka.co.id Lebak – Aksi kepedulian anggota polisi patut diacungi jempol. Saat menerima laporan warga Marga Mulya Desa Sukamanah Kecamatan Malingping ada seorang warga yang identitasnya belum diketahui jelas tergeletak di sebuah warung dalam keadaaan menggigil kesakitan langsung di respon dengan diantar ke salah satu pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Malingping.

Dua anggota polisi itu setalah ditelusuri Tintamerdeka.co.id yakini anggota Polsek Malingping Brigpol Andriami dan Brigpol Suhendar yang sedang melaksanakan piket.

Menurut Andriami bahwa dirinya saat tengah piket menerima laporan dari warga. Saat itu ia dengan rekanya Suhendar bergegas ke lokasi yang dilaporkan warga.

“Kebetulan saya piket pada waktu itu. Dan ada warga yang laporan.  Kebetulan ketemu saya, saya langsung berangkat ke TKP,” papar Andriami anggota Polsek Malingping kepada Tintamerdeka.co.id saat dihubungi melalui pesan WhatsApp. Rabu, (16/10/2019).

Setelah melihat korban yang identitasnya belum diketahui itu dua anggota Polsek Malingping tersebut membawa pasien itu ke RSUD Malingping. “Iya pak. Langsung bawa ke RSUD sama kordinasi dengan dokter RSUD dan relawan Lebak,” ujarnya.

Pasien Belum Diketahui Jelas Identitasnya

Selain itu, Andirami juga belum mengetahui identitas pasien yang sempat diantaranya ke RSUD Malingping tersebut.

“Bahwa pasen itu ngelantur, kadang menyebutkan orang Sukabumi, kadang menyebutkan orang Bayah,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Malingping, Cece Sahroni, menurutnya korban sulit diketahui identitasnya dikarena sulit untuk berkomunikasi secara langsung.

“Belum susah diajak komunikasi,” singkat Camat saat dihubungi.

Menurut Cece, dirinya tidak melihat bahwa ada penolakan oleh pihak RSUD Malingping, karena menurut sepengetahuannya pasien sempat diperiksa oleh pihak RSUD.

“Besar kemungkinan menurut pihak RSUD secara fisik normal, mungkin diperkirakan ada gangguan jiwa,” ujarnya.

Galih Eka Pahrizal, yang merupakan salasatu Pegawai Desa di Kecamatan Malingping yang saat itu tengah ada di Polsek dan sempat menanyakan korban berasal dari mana juga merasa bingung dengan jawaban pria yang di perkirakan umurnya 50 tahun tersebut.

“Saya sempat nanya kepada pasien itu, bapak berasal dari mana? pasien menjawabnya dari Bayah Satu dengan atas nama Sueb Bin Toha, ya spontan saya mencoba mengkonfirmasi yang kenal di Bayah, tapi tidak ada yang mengenal orang tersebut, bahkan keorang-orang desa di Bayah,” tuturnya.

Pasien Alami Orang Dengan Gangguan Kejiwaan

Menurut Kepala Seksi Etika dan Mutu Pelayanan RSUD Malingping DR. Silvia bahwa pasien tersebut adalah orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ).

“Ia dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter kami dokter Ardi, disimpulkan pasien itu memiliki gangguan jiwa,” katanya.

Selain itu, lanjut Silvia, pihak RSUD juga sudah melakukan penanganan terhadap pasien yang diantarkan oleh anggota Kepolisian Mapolsek Malingping.

“Sempat diperiksa, sempat dirawat di IGD sempat ditangani oleh dokter umum kami dan setelah dilakukan pemeriksaan disimpulkan seperti itu. Jadi bukan gangguan kelainan fisik yang karena pemeriksaan fisik itu semua normal. Dari tensi, nadi, suhu semuanya normal,” ujarnya.

Menurutnya RSUD Malingping menolak itu bohong, lantaran pihaknya sudah melakukan pelayanan sesuai prosedur.

“Alasan untuk menolak, itu bohong, karena memang pada saat pasien masuk kita melakukan pemeriksaan kita lakukan seperti prosedur pasien masuk ke IGD, kita wawancara kita periksa, ternyata karena memang sudah disimpulkan bahwa pasien itu pasien gangguan jiwa, maka kami juga keterbatasan sarana keterbatasan karena rumah sakit kita bukan rumah sakit jiwa, jadi kita tidak mempunyai sarana untuk pasien dengan gangguan jiwa,” ungkapnya. (Rudi/Red)

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.