Diminta Dirawat Karena Sakit, Pasien yang Dibawa Polisi Ditolak RSUD Malingping

0
17181

Foto : Anggota Polsek Malingping saat kembali membawa korban di RSUD Malingping

Tintamerdeka.co.id Lebak – Meski sempat ditawarkan deposit untuk pembayaran oleh Relawan Respek Peduli, pasien yang ditemukan oleh warga tetap ditolak oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping.

“Hanya diperiksa, cek darah dan lain-lain, bahkan saya tawarkan deposit jika penolakan itu di khawatirkan pasien tidak memiliki jaminan kesehatan, saya sanggup bayar umum, tetap ditolak,” kata Delima Relawan Respek melalui pesan Whatsapp Rabu, (16/10/2019).

Menurut Delima, setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa terkecuali.

“Kalau tanggapan saya, seluruh warga negara itu berhak mendapatkan pelayanan kesehatan,  mau dengan latar belakang apapun mau dengan identitas atau tanpa identitas mereka punya hak yang sama. Jadi saya tetap opsinya bahwa yang bersangkutan itu harus tetap dirawat,” paparnya.

Selain itu lanjut Ima, tidak seharusnya pihak Rumah Sakit menyuruh anggota Kepolisian itu untuk membawa ulang pasien tersebut.

“Tidak harus pihak Kepolisian itu membawa ulang pasien tersebut, karena unitnya ada di Rumah Sakit bukan di Polsek. Polsek itu bukan unit untuk penanganan orang sakit,” lanjut Ima.

Baca Juga: RSUD Malingping Bantah Tolak Pasien : Pasien Alami ODGJ

Untuk itu, ia berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten sehingga pasien tersebut dibawa ke Puskesmas Malingping.

“Kita konsultasikan dengan Kadinsos dan alhamdulilah pada malam itu kita digeser ke Puskesmas, tapi di Puskesmas juga sempat tertolak, karena yah tadi kita juga faham di PKM pasilitas dan sebagainya tidak ada dan itupun sampai saat ini masih dititipkan diluar” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Selasa, 15 Oktober, Warga Kampung Marga Mulya menemukan seorang lelaki berumur kurang lebih 50 tahun tergeletak dalam kondisi tak berdaya disebuah warung, karena itu warga membawanya ke Mapolsek Malingping.

Dengan sigap, dua anggota dari Polsek membawanya ke RSUD Malingping, namun sesampainya disana, pihak RSUD menolak dan menyuruh pihak Kepolisian membawa ulang pasien.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis wartawan masih belum memperoleh konfirmasi dari pihak RSUD Malingping. (Rudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here